Berita  

PPPK Bisa Daftar CPNS 2024 Tanpa Mengundurkan Diri : Apasih Syaratnya

Kabar gembira bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pasalnya, seleksi CPNS 2024  bisa diikuti oleh PPPK tanpa perlu mengundurkan dari pekerjaannya. Dan jika tidak lolos CPNS, mereka masih bisa kembali ke PPPK.

Perihal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Plt Aba Subagja.

Kelik di Sini Untuk Publish Penelitian di Jurnal Kami Moderasi Beragama

Ia menjelaskan, PPPK yang diperbolehkan mengikuti seleksi CPNS harus memenuhi syarat yang berlaku, yakni minimal telah mengabdi selama satu tahun.

Baca Juga : CPNS Dibuka Minggu Pertama Agustus, Simak Syarat dan Cara Daftar CPNS 2024 Terbaru

“Bagi PPPK yang sudah 1 tahun, jika ingin melamar CPNS tidak harus berhenti dari PPPK. Jadi kalau tidak diterima dia bisa kembali ke PPPK,” kata Aba dalam keterangannya di Jakarta, Senin (29/7).

Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB No. 320/2024 tentang Mekanisme Seleksi Pengadaan PNS T.A 2024 dan KepmenPANRB No. 321/2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS T.A 2024.

Aba juga menyampaikan bahwa arah kebijakan Pengadaan ASN fokus pada pelayanan dasar dan penyelesaian tenaga non-ASN. Pemerintah juga mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang terdampak transformasi digital.

Baca Juga : Halal Value Chain: Pondasi Kuat Membangun Daerah

Pada seleksi CPNS 2024 mendatang, pemerintah memprioritaskan jenis kebutuhan terdiri dari Kebutuhan Umum dan kebutuhan khusus. Adapun kebutuhan khusus diperuntukkan bagi penyandang disabilitas hingga putra dan putri di daerah 3T.

 

“Kebutuhan Khusus diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora, putra/putri Papua, putra/putri Kalimantan, serta putra/i daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal),” jelasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau CPNS 2024 dibuka pada Agustus mendatang.

Baca Juga : FEBI UIN Mataram dan Rumah Moderasi Beragama UIN Mataram Bersinergi “Membangun Insan Akademik yang Toleran dan Inklusif Melalui Penguatan Moderasi Beragama”

Ia tidak menyebutkan perihal tanggal pendaftaran CPNS 2024. Anas hanya memastikan bahwa pengumuman formasi akan segera diumumkan. Adapun kini, verifikasi terkait formasi sudah mencapai 97 persen.

Anas mengutarakan, mundurnya jadwal pendaftaran CPNS 2024 dikarenakan ada sejumlah Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda) yang belum mengusulkan formasi kepada Kementerian PANRB.

Ia meyakinkan, penundaan dilakukan karena Kementerian PANRB masih menunggu usulan formasi tersebut untuk kemudian diverifikasi.

Politikus Partai PDIP ini memastikan, pemerintah segera membuka lowongan CPNS dan PPPK apabila tahap verifikasi dan validasi (verval) sudah selesai diinput oleh masing-masing pemerintah.