News  

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Sosiologi Agama UIN Mataram: Dukungan Energi Positif Pimpinan Universitas dalam Meraih Predikat Unggul

Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram melaksanakan asesmen lapangan (AL) untuk akreditasi Program Studi Sosiologi Agama. Kegiatan ini merupakan bagian penting dalam upaya FUSA untuk memastikan bahwa program studi tersebut memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan asesmen lapangan (AL) akreditasi Program Studi Sosiologi Agama dilaksanakan selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat, 1-2 Agustus 2024.  

Kelik di Sini Untuk Publish Penelitian di Jurnal Kami Moderasi Beragama

Pada Kamis, 1 Agustus 2024, sekitar pukul 11.00 WITA, kedua asesor tiba di Bandara Internasional Lombok dan disambut oleh jajaran dekanat UIN Mataram. Asesor pertama, Dr. Setia Gumilar, M.Si., dan asesor kedua, Prof. Dr. Nor Hasan, M.Ag., menerima sambutan hangat dari dekanat dan pimpinan Universitas Islam Negeri Mataram. Setelah penyambutan yang begitu hangat, para asesor langsung menuju ke hotel untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan acara pembukaan asesmen lapangan Program Studi Sosiologi Agama.

Baca Juga : Kunjungan Rektor UIN Mataram Dalam Rangka Penguatan Tim Kerja Borang Akreditasi Program Studi Sosiologi Agama

Acara pembukaan AL dilaksanakan pada pukul 16.15 WITA di lantai 2 Gedung Perpustakaan UIN Mataram. Acara ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kabiro AUPKK, Ketua Senat, Direktur Pascasarjana, Dekan Syariah, Dekan FDK, Wakil Dekan 3 Syariah dan kaprodi dan sekprodi IQT dan PPI, serta pengguna alumni dan mahasiswa Prodi Sosiologi Agama.

Pada pukul 16.15 WITA, acara pembukaan Asosiasi Lembaga (AL) diadakan di lantai 2 Gedung Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Acara ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro AUPKK, Ketua Senat, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas Syariah, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Wakil Dekan III Fakultas Syariah, serta Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Program Studi Pengembangan Pendidikan Islam (PPI). Selain itu, turut hadir juga alumni dan mahasiswa dari Program Studi Sosiologi Agama.

Foto: Proses Asesmen Lapangan Program Studi Sosiologi Agama

 

Dalam sambutannya, Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag., menyambut dengan hangat seluruh undangan dan peserta yang hadir dalam kegiatan asesmen lapangan (AL) untuk akreditasi Program Studi Sosiologi Agama. Beliau Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag mengungkapkan harapannya agar proses asesmen ini dapat berjalan lancer dan melalui asesmen ini, Program Studi Sosiologi Agama dapat meraih akreditasi unggul, yang akan semakin mengukuhkan UIN Mataram di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga : UIN Mataram Meraih Sertifikasi ISO dari IGC: “Langkah Menuju Akreditasi Unggul”

Hal senada yang diungkapkan oleh Dr. Setia Gumilar dalam sambutannya dimana tujuan utama dari asesmen ini adalah untuk memverifikasi dan memastikan dokumen yang telah disampaikan dalam Laporan Evaluasi Diri. Selain itu, asesmen ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang kualitas program studi.

Sedangkan Prof. Dr. Nor Hasan, M.Ag., menekankan agar proses asesmen ini berjalan lancar dan efektif. Prof. Hasan juga berharap asesmen ini dapat membantu Program Studi Sosiologi Agama dalam mencapai akreditasi yang unggul, yang akan meningkatkan reputasi akademik UIN Mataram.