Berita  

Fasilitator Nasional RMB UIN Mataram Mengajak Mahasiswa Baru sebagai Agen Moderasi Beragama

Mataram | tahiro.id

Fasilitator Nasional Moderasi Beragama dari Rumah Moderasi Beragama (RMB) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang sebagai narasumber dalam kegiatan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2024/2025 pada Rabu, 28 Agustus 2024 yang dihadiri oleh 3.806 mahasiswa baru. Mengajak seluruh mahasiswa baru untuk berperan aktif sebagai agen moderasi beragama. Dalam acara PBAK yang diadakan di Auditorium Kampus 2 UIN Mataram, para mahasiswa baru diberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat yang beragam.

Baca Juga : RMB UIN Mataram Mendukung Pengenalan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa Baru Melalui PBAK 2024

Oleh karena itu, peran mahasiswa sangat krusial dalam menjaga kerukunan dan toleransi antarumat beragama. Dalam hal ini, Fasilitator Nasional Moderasi Beragama menekankan bahwa mahasiswa memiliki potensi besar untuk menjadi pelopor moderasi beragama, terutama dalam menanggapi berbagai tantangan yang muncul di tengah masyarakat yang multikultural.

Dalam penyampaian materi oleh fasilitator nasional dari RMB UIN Mataram bahwa mahasiswa baru harus menyadari jika mereka memiliki tanggung jawab besar sebagai agen perubahan di masyarakat. Dengan menjadi agen moderasi beragama, mahasiswa dapat berkontribusi dalam menjaga harmoni dan mencegah munculnya konflik antarumat beragama.

Baca Juga : RMB UIN Mataram Mendukung Pengenalan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa Baru Melalui PBAK 2024

Fasilitator juga menekankan pentingnya keterlibatan aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan sosial yang mempromosikan moderasi beragama. Mahasiswa didorong untuk berpartisipasi dalam kampanye anti-ekstremisme, dialog antaragama, dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat memperkuat kerukunan di tengah masyarakat.